HUBUNGAN STATUS GIZI DAN STATUS IMUNISASI DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT PADA BALITA KOTA PADANG

Dwi Christina Rahayuningrum, Siti Aisyah Nur

Abstract


Proporsi kesakitan Balita akibat ISPA masih merupakan penyebab kematian terbanyak pada Balita. Banyak faktor yang mempengaruhi tingginya kejadian ISPA diantaranya yaitu status gizi dan status imunisasi. Balita dengan keadaan gizi yang kurang akan lebih mudah terserang ISPA dibandingkan Balita dengan status gizi normal, Balita yang tidak mendapatkan imunisasi lengkap akan beresiko terserang ISPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan status imunisasi dengan kejadian ISPA pada Balita. Penelitian ini menggunakan metode analitik kuantitatif pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai anak Balita usia1-5 tahun yang berkunjung ke Puskesmas Lubuk Buaya sebanyak 627 Balita,tehnik pengambilan sampel dengan cara accidental sampling dengan jumlah sampel 86 Balita. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian didapatkan 58,1% responden dengan kejadian ISPA 47,7% responden dengan status gizi kurang 64% responden dengan status imunisasi tidak lengkap. Disimpulkan ada hubungan status gizi dan status imunisasi dengan kejadian ISPA, maka diharapkan kepada ibu Balita agar dapat meningkatkan asupan nutrisi pada Balita yang gizi kurang dan diharapkan kepada petugas Puskesmas agar memberikan penyuluhan kepada ibu tentang pentingnya imunisasi.

Full Text:

PDF (56-62)

References


dr MPH, W. (2011). Penyakit Tropis Epidemiologi, Penularan, Pencegahan Dan Pemberantasannya. In Penyakit Tropis Epidemiologi, Penularan, Pencegahan Dan Pemberantasannya.

Hariani, Nurbaeti, N. (2014). Hubungan status imunisasi, status gizi, dan asap rokok dengan kejadian ispa pada anak dipuskesmas segeri pangkep. Jurnal Ilmu Kesehatan Diagnosis, 5(5), 639–643.

Heryanto, E. (2016). Hubungan Status Imunisasi, Status Gizi, dan ASI Eksklusif dengan kejadian ISPA pada Anak Balita di Balai Pengobatan UPTD Puskesmas Sekar Jaya Kabupaten Ogan Kom Ering Ulu. Kesehatan Masyarakat.

Maryuani, A. (2010). Ilmu Kesehatan Anak Dalam Kebidanan. Ilmu Kesehatan Anak Dalam Kebidanan. Jakarta : Trans Info Media.

Riskesdas. (2018). Riset Kesehatan Dasar 2018. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. https://doi.org/1 Desember 2013

Supariasa, I. D. N. (2016). Perencanaan Gizi. In Ilmu Gizi Teori & Aplikasi. https://doi.org/10.1037/0033-2909.128.6.978

Yuliastuti, E. (2014). Hubungan status gizi dan status imunisasi dengan kejadian ISPA pada balita. Jurnal Dinamika Kesehatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.36053/mesencephalon.v7i1.247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.