PENGARUH TERAPI HYPNOFIVESIC TERHADAP DEPRESI, CEMAS, DAN STRES MAHASISWA DALAM MENJALANI PROSES BELAJAR MENGAJAR DARING SELAMA PANDEMI COVID-19

Rizqi Wahyu Hidayati, Latifah Susilowati, Khristina Dias Utami

Abstract


Proses belajar mengajar secara daring (dalam jaringan) atau online memilikikekurangan yaitu beberapa orang merasa tidak nyaman, adanya kemungkinan muncul perilaku frustasi, kecemasan dan kebingungan. Oleh karena itu penting untuk menurunkan gejala kecemasan, stres, dan depesi agar mahasiswa dapat mengikuti proses pembelajaran daring dengan baik. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan manajemen relaksasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh hypnofivesic terhadap cemas, stres, dan depresi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasy experimental pre post test. Penelitian dilakukan 3 sesi dengan masing-masing sesi dilaksanakan 15 menit. Responden yang digunakan berjumlah 34 orang, kriteria inklusi antara lain: usia 19 – 40 tahun; memiliki telepon seluler dengan fitur video; memiliki media social atau komunikasi untuk mengirimkan video. Sedangkan kriteria eksklusi yaitu memiliki gangguan mental lain, sedang melakukan skripsi, menjalani Ners. Penelitian ini ingin mengetahui nilai stres, cemas, dan depresi, sehingga kuesioner menggunakan DASS 21. DASS 21 tersebut memiliki 21 item. Hasil penelitian yaitu mayoritas responden adalah perempuan (94,1%). Terapi ini efektif untuk menurunkan stress (p = 0,00), cemas (0,006), dan depresi (p 0,002) pada mahasiswa. Oleh karena itu, terapi ini efektif untuk menurunkan stress, cemas, dan depresi pada mahasiswa dengan pembelajaran online. Sehingga terapi ini dapat diimplementasikan oleh mahasiswa secara mandiri untuk mengurangi stress, cemas, dan depresi.

Full Text:

PDF (63-68)

References


Aditomo, A., & Retnowati, S. (2004). Perfeksionisme, Harga Diri, Dan Kecenderungan Depresi Pada Remaja Akhir. Journal Psikologi, 1(1), 1–14.

Ahmad, N., & Rana, A. (2015). Impact of Music on Mood: Empirical Investigation. Research on Humanities and Social Science, 5(21). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/285055978_Impact_of_Music_on_Mood_Empirical_Investigation

Ahmed, G., Negash, A., Kerebih, H., Alemu, D., Yonas, & Tesfaye. (2020). Prevalence and associated factors of depression among Jimma University students . A cross ‑ sectional study. International Journal of Mental Health Systems, 14(52), 1–10. https://doi.org/10.1186/s13033-020-00384-5

Diananda, A. (2018). Psikologis Remaja Dan Permasalahannya. ISTIGHNA, 1(1). Retrieved from Https://Www.Researchgate.Net/Publication/331705902_Psikologi_Remaja_Dan_Permasalahannya#Fulltextfilecontent

Ghasemi, M., Lotfollahzadeh, H., Kermani-ranjbar, T., & Kharazifard, M. J. (2017). Effect of Music Practice on Anxiety and Depression of Iranian Dental Students. 14(3), 138–143.

Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306. Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/5941

Hastuti, R. Y., & Arumsari, A. (2015). Pengaruh Terapi Hipnotis Lima Jari Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Stikes Muhammadiyah Klaten. Journal of Motorik, 10(9), 1689–1699.

Jasemi, M., Aazami, S., & Zabihi, R. E. (2016). The Effects of Music Therapy on Anxiety and Depression of Cancer Patients. Indian Journal of Palliative Care, 22(4). Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5072238/

Kalin, N. H. (2020). The Critical Relationship Between Anxiety and Depression. (May), 365–367. https://doi.org/10.1176/appi.ajp.2020.20030305

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disesase (Covid-19). Jakarta : Kementerian Kesehatan RI

Padaka, R., Sutriningsih, A., & Adi, R. C. (2019). Pengaruh Pemberian Hipnotis Lima Jari Terhadap Tingkat Stres Pada Mahasiswa Yang Menghadapi Skripsi Di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 4(2). Retrieved from https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/1968

Pangondian, RA., Santosa, PI., Nugroho, E.(2019). Faktor - faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. 51-60. Available at https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019

Rahmawati, A. (2017). konsep Diri Remaja Pada Masa Pubertas. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rizkiya, K., Ph, L., & Susanti, Y. (2018). Pengaruh Tehnik 5 Jari Terhadap Tingkat Ansietas Klien Gangguan Fisik Yang Dirawat Di RSU Kendal. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.30651/jkm.v2i1.908

Saswati, N., Riski, P. C., & Sutinah. (2018). Efektivitas Terapi Hipnosis Lima Jari terhadap Ansietas Klien di Puskesmas Rawa Sari Jambi. Riset Informasi Kesehatan, 7(2), 6.

Sumirta, I. N., Candra, I. W., Kadek, N., Inlamsari, D., Keperawatan, P. D., Kesehatan, P., & Denpasar, K. (2018). Pengaruh Relaksasi Lima Jari Terhadap Depresi Pada Orang Dengan HIV / AIDS ( ODHA ). 012.

WHO. (2020). Coronavirus Disesase (Covid-2019) situation report. Available at : https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/situation-reports




DOI: http://dx.doi.org/10.36053/mesencephalon.v7i1.253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.