HUBUNGAN RESPONSE TIME DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT PUSKESMAS

Tiurmaida Simandalahi, Honesty Diana Morika, Weni Sartiwi, Ratna Indah Sari Dewi

Abstract


Abstract : Response time is indicated as one indicator in the quality assessment of hospitals / health centers in the form of customer satisfaction. The purpose of this study is to determine the relationship between response time and the level of patient satisfaction in the Emergency Department. Type of research: descriptive analytic with cross sectional design carried out in July-August 2018. Population: patients who visited the emergency room Air Amo Health Center, taken by accidental sampling as many as 74 respondents. Instruments used: questionnaires and observation sheets, computerized, and univariate analysis: frequency distribution and bivariate: Chi-Square test with a 95% confidence level. The results obtained 56.8% of respondents were satisfied with nursing services, 70.3% stated response time in the response category. Bivariate analysis found there was a relationship between response time and the level of patient satisfaction (p value 0.039). It was concluded that response time was one of the factors related to patient satisfaction. Suggestions through Puskesmas leaders to always evaluate service management so that Puskesmas service quality is always maintained.

Keywords : Patient Satisfaction, Response Time

Abstrak : Respons time diindikasikan sebagai salah satu indikator dalam penilaian mutu pelayanan Puskesmas melalui kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara  respons time dengan Tingkat kepuasan pasien di Instalansi Gawat Darurat. Jenis penelitian: deskriptif analitik dengan desain cross sectional dilaksanakan pada Juli–Agustus 2018. Populasi: pasien yang berkunjung ke IGD Puskesmas Air Amo, diambil secara accidental sampling sebanyak 74 responden. Instrumen yang digunakan: kuesioner dan lembar observasi, diolah secara komputerisasi, dan di analisis secara univariat: distribusi frekuensi dan bivariat: uji Chi-Square dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil didapatkan 56,8% responden puas dengan pelayanan keperawatan, 70,3% menyatakan response time pada kategori tanggap. Analisis Bivariat didapatkan ada hubungan antara response time dengan Tingkat Kepuasan Pasien (p value 0.039). Disimpulkan response time merupakan salah faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien. Saran melalui pimpinan puskesmas agar selalu mengevaluasi manajemen pelayanan agar mutu pelayanan Puskesmas selalu terjaga.

Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Response Time

Full Text:

PDF (Hal 127-132)

References


Ali, Z. (2010). Dasar-dasar Dokumentasi Keperawatan. Jakarta. EGC

Bidang Diklat PPNI Sumatera Barat. (2015). Buku Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) in Disaster.

Budiono dan Pertami, SB. 2015. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta. Bumi Medika.

Bustami. (2011). Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta. Erlanga.

Canadian Associotion Emergency Physician (2012) over crowding http : //www. caep.ca / advocacy / overcrowding.

Damayanti. (2008). Komunikasi Terapeutik dalam Praktik Keperawatan. Refika Aditama, Bandung.

Kepmenkes RI. 2009 No . 856 . (2009) Standar Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Menteri Kesehatan . Jakarta.

Kemenkes No 75 tahun 2014 tentang pelayanan public di Puskesmas.

Maryuani , Anik & Yulianingsih. (2009) Asuhan Kegawat daruratan Jakarta Trans Info Media Medis.

Muninjaya, G. (2012). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta. EGC.

Notoatmodjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta.

Nursalam. (2007). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktek Keperawatan Profesional. Jakatra. Salemba Medika.

Imbalo, P. (2007). Buku jaminan mutu layanan kesehatan Jakarta : EGC

Hasnah, Radiatul. (2017). Hubungan Sikap Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Klien di Ruang rawat Inap Interne RSUD LUBUK BASUNG Tahun 2017.

Wibowo, S. (2017). Hubungan Respone Time Instalasi Gawat Darurat dengan Kepuasan Pasien di ruang Instalasi gawat darurat RSUD Dr Tjitro Wardojo Purwokerto.

Siboro, T. (2014). Hubungan pelayanan perawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Advent Bandung Skripsi. Universitas Advent. Indonesia . Bandung.

Sastroasmoro, Sudigdo. 2011. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta. Sagung Seto

Presiden RI.2009 UU RI No .44 Tahun 2009 tentang pelayanan gawat darurat




DOI: http://dx.doi.org/10.36053/mesencephalon.v5i2.114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.