EFEKTIVITAS EDUKASI DAN SIMULASI MANAJEMEN BENCANA TERHADAP KESIAPSIAGAANAN MENJADI RELAWAN BENCANA

Rahmania Ambarika

Abstract


Abstrak : Penanganan awal bencana diperlukan upaya memberdayakan relawan bencana untuk mengurangi dampak negatif dari bencana. Masih rendahnya keinginan untuk menjadi relawan karena mereka tidak memiliki pengetahuan yang adekuat tentang kesiapan menjadi relawan bencana. Proses pertimbangan menjadi relawan bukanlah hal yang mudah karena melibatkan proses kongnitif dalam pengambilan keputusan. Kesiapan individu menjadi relawan bencana ditunjukkan oleh adanya pengetahuan, ketrampilan, dan kemampuan yang diperoleh melalui proses pendidikan dan belajar. Proses penanaman kesiapan menjadi relawan bencana dapat diberikan melalui pendidikan dan simulasi bencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi dan simulasi manajemen bencana terhadap kesiapsiagaan menjadi relawan bencana pada mahasiswa. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan pra eksperimental dengan desain one group pre - post test design. Populasinya adalah seluruh mahasiswa semester VIII Program Studi Pendidikan Ners STIKes Surya Mitra Husada Kediri sejumlah 92 mahasiswa dan melalui teknik Purposive Sampling didapatkan 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan menjadi relawan bencana sebelum dilakukan edukasi dan simulasi manajemen bencana sebagian besar responden dalam kategori tidak Siap adalah sebanyak 37 responden (74%) dan sesudah diberikan simulasi adalah sebanyak 44 responden (88%). Analisa data dengan uji statistik Wilcoxon, didapatkan p value = 0,000 artinya terdapat pengaruh edukasi dan simulasi manajemen bencana terhadap kesiapan menjadi relawan bencana. Edukasi dan simulasi manajemen bencana sebagai salah satu media terbaik untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi relawan bencana karena melalui proses pembelajaran dengan dilakukan edukasi dan simulasi bencana dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta kemampuan mahasiswa menjadi relawan bencana sehingga akan meningkatkan kesiapsiagaan menjadi relawan. Edukasi dan pelatihan bencana diperlukan untuk diterapkan di institusi sehingga semua mahasiswa memiliki kesiapsiagaan untuk menjadi relawan bencana karena bencana bisa datang sewaktu-waktu dan hal itu membutuhkan relawan bencana.

 

Kata Kunci : edukasi, simulasi, manajemen bencana, kesiapasiagaan, relawan bencana

Full Text:

PDF

References


A. Aziz, Alimul Hidayat. 2010. Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknik Analisis Data. Jakarta : Penerbit. Salemba Medika.

Clust, Michael, R.J.Human,dan D.M.Simpson.(2007).Mapping and rail safety: the development of mapping display technology for data communication. Center for Hazards Research and Policy Development.

Dalyono, 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darwis, S. D. 2010. Metode Penelitian. Jakarta : EGC.

Djamarah, 2012. Strategi Belajar Mengajar. Cetakan Keempat. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Forum Keperawatan Bencana, 2014. Keperawatan bencana. Banda Aceh: PMI dan JRCS.

Hatimah, I. 2013. Strategi Dan Metode Pembelajaran. Bandung: Andira.

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam, 2012. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Edisi Revisi). Bandung : CV. Alfabeta.

Rohani, A. 2010. Pengelolaan Pengajaran Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional.Jakarta: Rineka Cipta.

Sadirman, A. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Cetakan Kesembilan Belas. Jakarta : PT.Raja Gravindo.

Slamet, M. 2012. Voluntary Organization. margonoipb. files. wordpress. com/2009/03/8. volunteersm. ppt.

Stenberg, J.R. 2014. The concept of creativity: prospect and paradigms. Handbook of creativity. Cambridge: University press.

Santamaria, Barbara.(2009).Community Health Nursing Theory & Practice. Newjersey: Pearson Education.

Slameto, 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Usher, kim dan Lidia Mayner. 2011. Disaster nursing: a descriptive survey of australian undergraduate nursing curricula Australasian Emergency Nursing Journal,14,1-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.36053/mesencephalon.v2i4.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.